Solidaritas Generasi Z Mengenai Perbedaan Dalam Aktivitas Lintas Agama

 3R 2019

“Sekolah HighScope Indonesia teaches students to respect differences, to allow differences, to encourage differences, until differences no longer make a difference”.

 

Kutipan di atas dengan jelas mengungkapkan yang pertama dari nilai-nilai HighScope, yaitu rasa hormat, yang diikuti oleh tiga nilai inti lainnya: tanggung jawab, keunggulan dan integritas. Nilai-nilai inti ini melekat dalam misi kami untuk mengembangkan total child, anak yang akan tumbuh dan siap menghadapi tantangan kehidupan nyata.

 

Di negara dengan begitu banyak suku, bahasa, dan agama, tidaklah mengejutkan, meskipun tidak dapat dimungkiri, bahwa kesalahpahaman kadang-kadang terjadi, dan kesalahpahaman itu merusak harmoni antara komunitas agama. Namun, pemuda negara kita harus mengatasi situasi ini dan mempromosikan keharmonisan di masa depan. Akibatnya, karena HighScope mempersiapkan siswa untuk kehidupan nyata dan intoleransi agama adalah bagian dari kehidupan nyata, HighScope merancang program yang memfasilitasi siswa untuk tidak hanya mentolerir perbedaan tetapi untuk menghargai perbedaan. HighScope Indonesia berkomitmen untuk menanamkan dan menerapkan nilai-nilai toleransi dan menghormati perbedaan di semua siswa mereka.

 

Mungkin, beberapa orang barangkali berpikir bahwa toleransi adalah hal yang sepele; Namun, pemikiran semacam itu menimbulkan dampak negatif karena banyak masalah yang terjadi di era ini berasal dari "tidak mampu mewujudkan rasa hormat terhadap orang lain, rasa hormat terhadap sesuatu, rasa hormat terhadap perbedaan." Banyak masalah muncul karena kurangnya pemahaman ini, yang menghasilkan konfrontasi dan perpecahan.

 

Untuk memberikan pemahaman tentang konsep penghormatan, keragaman, dan toleransi bagi semua siswanya, HighScope Indonesia setiap tahun menyelenggarakan kegiatan antaragama yang berjudul 3R (Ramadan, Retreat, Recollection). Kegiatan ini memfasilitasi siswa untuk belajar toleran terhadap perbedaan dan menerapkan salah satu nilai inti HighScope, rasa hormat, selain memperkuat kepercayaan mereka kepada Tuhan melalui doa, refleksi dan kegiatan keagamaan lainnya.

 

3R diadakan di bulan Ramadhan dan sejak 2004, semua unit Sekolah HighScope Indonesia menjalankan Kegiatan ini. Meskipun kegiatan ini diadakan selama bulan Ramadhan, semua siswa berpartisipasi di dalamnya, yaitu: Protestan, Katolik, Hindu, dan Budha. Kegiatan dibagi menjadi 2: kegiatan sesuai dengan latar belakang agama dan kegiatan bersama.