HighScope Indonesia Mendefinisikan Keterampilan Akademik untuk Pendidikan Abad 21

PW 2019

 

HighScope Indonesia terus berperan aktif dalam mengembangkan sistem pendidikan Indonesia dan memberikan wawasan baru dan inovatif kepada rekan-rekan praktisi pendidikan dan orang tua. Sejalan dengan peran ini, kami mengundang Thomas R. Guskey, Ph.D., seorang ahli di bidang penilaian dari Amerika Serikat, untuk bekerja bersama kami saat kami melanjutkan perjalanan belajar kami.

 

HighScope Indonesia telah bekerja sama dengan Thomas Guskey, Ph.D. sejak 2014 dalam mengembangkan sistem penilaian dan pelaporan di sekolah-sekolah HighScope Indonesia. Thomas R. Guskey, Ph.D. adalah Profesor Emeritus di College of Education University of Kentucky dan Sarjana Peneliti Senior. Dia adalah penulis / editor 24 buku pemenang penghargaan dan lebih dari 250 bab buku, artikel, dan makalah profesional tentang pengukuran pendidikan, evaluasi, penilaian, penilaian, dan pembelajaran profesional.

 

Profesor Guskey berinteraksi dengan semua peserta selama lokakarya orang tua kami, berjudul "Apakah Sekolah Anak Saya Cukup Akademik?" dengan tujuan untuk memperluas pengetahuan orang tua tentang keterampilan akademik yang dibutuhkan untuk sukses di abad ke-21. Pada saat yang sama, HighScope Indonesia melihat kebutuhan untuk mendefinisikan keterampilan akademik yang sesuai dengan perkembangan zaman. "Keterampilan akademik adalah kemampuan untuk memahami pengetahuan yang perlu diproses secara ilmiah dan kreatif menggunakan fungsi eksekutif otak dan kemampuan fungsi eksekutif untuk menyajikan pemahaman penting secara jelas dan logis."

 

Karena itu, HighScope Indonesia percaya bahwa keterampilan akademik tidak hanya membaca, menulis, dan berhitung, dan mendapatkan nilai bagus dalam ujian. Keterampilan akademik adalah kemampuan anak untuk memahami apa yang diajarkan di sekolah, dan memprosesnya secara ilmiah dan kreatif dengan menggunakan fungsi eksekutif otak, bersama dengan kemampuan untuk secara jelas dan logis mengomunikasikan esensi dari apa yang telah dipelajari.

 

 

Melalui Parents Wokshop dan kegiatan intelektual lainnya, HighScope Indonesia berupaya untuk memperkaya dunia akademis dan memberikan orang tua informasi yang mereka butuhkan untuk mendukung anak-anak mereka dengan lebih baik dalam mempersiapkan tuntutan akademis masa depan dan tantangan dunia kerja.